Cari Blog Ini

Minggu, 11 Juli 2021

Kamu Serius Nggak Sama Aku? Kok Nggak Pernah Chat?

 Alhamdulillah jika kamu di sana nggak nanyain ini wkwk. Tapi aku akan menjawab duluan pertanyaan yang biasa orang sampaikan kalo ketemu seseorang yang lagi LDR atau mungkin masih berjuang tapi kepentok di komunikasi. Sekali lagi ini adalah opini pribadi, jadi kamu kalo gak srek ya bisa cari sendiri solusinya.


Kunciku dalam membangun hubungan itu: nyaman.


Maksude?

Nyaman setiap orang berbeda. Dulu pas aku masih zaman jahiliyyah, definisi nyaman dari si cewek itu yang penting gak memaksa; alias semua pihak punya hak untuk mencintai. Kamu boleh suka sama aku, tapi aku nggak jamin aku suka sama kamu. Tapi kita saling menghargai perasaan. Malah justru kita paham batas-batas rasa suka. Kita dulu saling bercanda dan ngobrolin hal-hal gaje. Jadi, selama kita udah paham batesnya ya udah komunikasi biasa aja. Kalo udah nyaman sama friend zone, kenapa harus melanjutkan ke jenjang pacaran? Mending nikahin aja langsung.


Sejak terakhir pacaran, aku ngerasa pacaran itu gunanya jadi menyimpang karena setelah ada ikatan "pacaran", duniamu jadi sempit. Jangankan kamu bisa ngobrol sama temenmu cewek sekelas, sama ibumu saja kamu bakal dicurigai sama pacarmu. Karena pacaran kadang ujung-ujungnya jadi gini, aku sepakat buat tidak pacaran. Buatku, pengennya pacaran itu buat kenalan. Yaah sekelas taaruf. Karena definisi aslinya setelah belajar taaruf itu sama dengan pacaran halal, jadi aku bedain langsung di situ. Buatku, taaruf itu pacaran tapi ngobrolnya sama walinya si cewek. Kalo pacaran itu langsung ke ceweknya. Karena taaruf menurutku lebih serius, aku lebih prefer taaruf dibandingkan pacaran. Kenapa? Karena harga dirimu dipertaruhkan. Kamu pikir gampang banget ya mempermainkan hati orang lain? Kalo udah taaruf, kamu yang jadi taruhannya. Kamu sekali nakal, kamu nyaris nggak akan mungkin dapet idamanmu.


Serius itu udah "mengaktifkan" hukum karma. Kamu nakal sekali, kamu kena getahnya.


Aku nyadar gini udah lama, bahkan sebelum memutuskan untuk melamar ke salah satu orang yang aku cintai. Dulu banget aku pernah dimainin sama cewek, dijelek-jelekin cewek, bahkan dimarah-marahin cewek. Kenapa? Karena zaman jahiliyyah aku juga gitu. Makanya pas aku mencoba melamar, aku yakinin diriku dulu. Bismillah sama kamu!


Aku harus ubah semua kelakuanku masa jahiliyyah, salah satunya adalah komunikasi yang menjatuhkanmu ke dalam maksiat.


Banyak yang mikir "komunikasi selaras dengan hubungan". Kalo aku? Nyamanin dulu. Nyaman itu nggak cuman masalah komunikasi, tapi masalah detil yang bikin kamu kesel. Tau nggak apa itu?


Kelakuan lawan bicaramu.


Ada orang yang kamu ajak serius ngobrol tapi dia bercanda. Ada orang yang nggak mau ada bercanda di dalam komunikasi. Ada orang yang dikit-dikit marah, dikit-dikit tersinggung, dll. Berat lah pokoknya. Tapi kunci dari sebuah hubungan menurutku adalah.


Nyaman.


Kalo emang cowok itu serius, aku pernah bilang sebelumnya: dia akan berhenti mengejar dan berdoa lebih sering. Dia paham kalo semua hal kaya gini bakal sia-sia tanpa bantuan Allah. Allah yang punya hatinya manusia, ya mintanya ke Allah lah. Tapi inget! Minta ke Allah jangan sembarangan. Harus dipikirin dengan mateng. Setelah dikasih, jangan ngelunjak! Dengan semua fakta ini sebenernya kan kita disuruh satu hal.


Perbaiki hubungan sama Allah.


Ketika kita percaya Allah kasih sesuatu yang paling baik, tugas kita berarti kan menerima itu semua. Jangan dipikir gampang loh ya! Kamu dikasih sembako aja mungkin kamu marah-marah karena berasnya gak cocok, nah ini hampir mirip tapi lebih ribet. Maka dari itu kuncinya adalah nyaman dan percaya dulu. Kalo keduanya udah dapet, justru komunikasi dengannya jadi lancar.


Jadi kalo gabisa komunikasi bukan berarti nggak serius. Justru yang bikin kita nggak serius adalah nggak percaya sama takdirnya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bingung?