Cari Blog Ini

Senin, 03 Desember 2018

Apakah Harga Kebutuhan Bisa Murah?

Kesel nggak sih kalo harga BBM di atas Rp10.000? Kesel nggak sih kalo harga makan di atas Rp10.000? Kesel nggak sih kalo harga barang-barang mahal? Meskipun demikian, gajimu pasti naik (bagi temen-temen yang sudah bekerja menjadi pegawai tetap). Namun, aku mau nulis tentang beberapa hal yang aku khawatirkan.

"Apakah harga kebutuhan di Indonesia bisa murah?"

Islam sudah menawarkan sebuah solusi paling ampuh untuk kita semua. Solusi tersebut sudah bersifat universal dan dapat diterapkan di manapun lapangan yang kamu mau pakai.

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِّن بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ
وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِ مِن وَالٍ - 13:11

SAHIH INTERNATIONAL

For each one are successive [angels] before and behind him who protect him by the decree of Allah . Indeed, Allah will not change the condition of a people until they change what is in themselves. And when Allah intends for a people ill, there is no repelling it. And there is not for them besides Him any patron.

INDONESIAN

Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.


Sudah ya, saya mau main dota dulu...

Oke aku jelasin. Janji Allah untuk hamba-Nya sudah jelas. Allah akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Mau harga murah? YA BEKERJA! Tidak harus bekerja di perusahaan ternama atau bekerja di luar negeri. Cobalah untuk berusaha dan berkarya sebaik mungkin. Misalkan membuat clothing online shop. Kemudian cari relasi dan nambah temen di online, atau buka akun di beberapa online shop. Kok bisa?

Misalkan seseorang punya modal untuk membuat sebuah bisnis. Asumsikan bisnisnya berjalan lancar, maka dari bisnis tersebut menghasilkan sebuah uang (balik modal dan untung). Putar lagi uang tersebut atau kembangkan bisnis tadi, menghasilkan uang lagi dan untung. Jika terus dilakukan maka semakin lama dia memiliki uang simpanan yang banyak. Kalo masih nggak percaya, coba kamu lihat gameplay Harvest Moon atau gameplay RPG lainnya.

Secara makro jika seorang saja menghasilkan suatu produk, maka beberapa orang bisa menghasilkan beberapa produk. Secara ekonomi, jika supply banyak dan demand sedikit, maka harga barang akan dimurahkan (entah bentuk diskon atau dipatok harga rendah). Loh kenapa nggak dinaikkan? Karena makin tinggi harganya juga makin sedikit demand-nya.

Bagaimana jika pemerintahannya korupsi? Karena kita sendiri mencari cara instan untuk mendapatkan sesuatu.

Aku kasih insight ya agar kamu bisa menghasilkan uang. Cobalah menggunakan hobimu untuk menghasilkan sesuatu.

Contoh kamu suka nonton film anime. Coba bikin resume atau review-nya di media sosial atau video. Atau bikin karakter atau anime dan masukkan di beberapa komik buatan sendiri. Jual aja tuh komiknya.

Aku tekankan, nggak masalah kalo kita males. TAPI INGET BAHWA UANG YANG BERDIAM DIRI JUGA TIDAK MENGHASILKAN SESUATU.

(Next... Ingin pemerintah anti korupsi?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bingung?